Selasa, 16 April 2013

Windows XP dan Symmetric Multiprocessing (SMP)



Symmetric Multiprocessing (SMP) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk menggunakan lebih dari satu prosesor. Konfigurasi yang paling umum dari komputer SMP salah satunya adalah menggunakan dua prosesor. Jadi ada prosesor yang digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas komputasi agar lebih cepat daripada prosesor tunggal, meskipun dua prosesor tidak selalu dua kali lebih cepat dibanding prosesor tunggal.

Agar sebuah komputer bisa mengambil keuntungan dari setup multiprosesor, software harus dirancang untuk dapat digunakan dengan sistem SMP. Jika program tidak dirancang untuk SMP, maka SMP tidak akan ada manfaatnya. Tidak setiap program ditulis untuk SMP, aplikasi SMP seperti program edit gambar, program peyunting video dan database, prosesor cenderung bekerja lebih intensif.
SMP di Windows XP
Sistem operasi juga perlu dirancang untuk SMP agar bisa menggunakan beberapa prosesor. Dalam keluarga Windows XP hanya XP Professional yang mendukung SMP, XP Home tidak. Jika Anda seorang konsumen dengan PC dual prosesor di rumah, Anda harus membeli XP Professional. Windows XP Advanced Server juga mendukung SMP.

Dalam skema besar Microsoft, XP Professional dimaksudkan untuk menggantikan Windows 2000 yang mendukung SMP. Bahkan XP Professional menggunakan kernel yang sama seperti Windows 2000. XP Home dirancang untuk menggantikan Windows Me, dan Windows Me tidak mendukung SMP.
Perbedaan antara XP Professional dan XP Home lebih dari sekedar $ 100 dan dukungan SMP. XP Professional memiliki banyak fitur lain yang tidak ditemukan di XP Home, beberapa hal yang akan Anda gunakan.
acuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar