Sabtu, 13 April 2013

NTFS vs FAT



Kebanyakan pengguna menjalankan Windows XP, NTFS adalah pilihan yang jelas. Ini lebih kuat dan menawarkan keuntungan keamanan yang tidak ditemukan dalam sistem file lain. Tapi mari kita membahas perbedaan antarsistem file sehingga kita semua jelas dalam memilih. Pada dasarnya terdapat tiga sistem berbeda yang tersedia pada Windows XP: FAT16, singkatan dari File Allocation Table, FAT32 dan NTFS singkatan dari NT File System.



FAT16

Sistem file FAT16 diperkenalkan kembali dengan MS-DOS pada tahun 1981. Ini awalnya dirancang untuk menangani file di floppy drive, dan telah memiliki modifikasi kecil selama bertahun-tahun sehingga dapat menangani harddisk, dan bahkan mampu menampung nama panjang daripada batasan asli 8,3 karakter, tapi masih denominasi umum terendah. Keuntungan terbesar dari FAT16 adalah bahwa hal itu kompatibel di berbagai sistem operasi, termasuk Windows 95/98/ME, OS / 2, Linux, dan beberapa versi dari UNIX. Masalah terbesar dari FAT16 adalah bahwa ia memiliki jumlah maksimum tetap cluster per partisi, sehingga hard disk menjadi lebih besar, ukuran setiap cluster harus mendapatkan porsi lebih besar. Dalam partisi 2 GB, setiap cluster adalah 32 kilobyte, yang berarti bahwa file terkecil pada partisi akan mengambil 32 KB ruang. FAT16 juga tidak mendukung kompresi, enkripsi, atau keamanan canggih dengan menggunakan daftar kontrol akses.


FAT32

FAT32 file system, awalnya diperkenalkan pada Windows 95 Service Pack 2, benar-benar hanya merupakan perpanjangan dari sistem file FAT16 yang menyediakan jumlah yang jauh lebih besar dari cluster per partisi. Dengan demikian, ia sangat meningkatkan pemanfaatan disk secara keseluruhan bila dibandingkan dengan sistem file FAT16. Namun FAT32 membagi semua keterbatasan dari FAT16, dan menambah batasan penting sistem operasi yang dapat mengenali FAT16 tidak akan bekerja dengan FAT32, terutama Windows NT, tetapi juga Linux dan UNIX juga. Sekarang ini bukan masalah jika Anda menjalankan FAT32 pada komputer Windows XP dan berbagi dengan komputer lain pada jaringan.

Keuntungan NTFS

NTFS file system, diperkenalkan dengan versi pertama dari Windows NT, adalah sistem file yang berbeda dari FAT. Ini memberikan keamanan yang lebih, berkas dengan kompresi file, kuota, dan bahkan enkripsi. Ini adalah sistem file standar untuk instalasi baru Windows XP, dan jika Anda melakukan upgrade dari versi Windows sebelumnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengkonversi file sistem yang ada untuk NTFS. Jangan khawatir. Jika Anda sudah upgrade ke Windows XP dan tidak melakukan konversi, maka hal itu tidak masalah. Anda dapat mengkonversi volume FAT16 atau FAT32 ke NTFS. Hanya yang perlu diingat bahwa Anda tidak dapat dengan mudah kembali ke FAT atau FAT32 (tanpa memformat drive atau partisi).
Sistem file NTFS pada umumnya tidak kompatibel dengan sistem operasi lain yang diinstal pada komputer yang sama, juga tidak tersedia bila kita booting komputer dari disket. Untuk alasan ini, banyak administrator sistem menggunakan untuk merekomendasikan format hard disk setidaknya partisi kecil di awal hard disk utama sebagai FAT. Partisi ini menyediakan tempat untuk menyimpan alat pemulihan darurat atau driver khusus yang diperlukan untuk instalasi ulang tetapi juga buakan suatu keharusan.


Kapan Gunakan FAT atau FAT32 ?

Jika kita menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer, kita pasti akan perlu untuk memformat beberapa volume hard disk sebagai FAT. Setiap program atau data yang perlu diakses oleh lebih dari satu sistem operasi pada komputer yang harus disimpan pada volume FAT16 atau mungkin FAT32. Namun perlu diingat bahwa kita tidak memiliki keamanan data pada FAT16 atau FAT32, dengan akses ke komputer dapat membaca, mengubah, atau bahkan menghapus file yang disimpan pada FAT16 atau partisi FAT32. Dalam banyak kasus ini bahkan mungkin melalui jaringan. Jadi tidak disarankan menyimpan file penting di drive atau partisi dengan sistem file FAT.

acuan

1 komentar: